Lensamandalika.com – Demi kembali menggairahkan kunjungan wisatawan dan membangkitkan kembali pelaku UMKM di Pantai Dondon yang terletak di Dusun Batu Pedang, Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, pengelola akan menyelenggarakan lomba balap sampan pada 26-31 Desember 2021.

“Acara tersebut adalah agenda akhir tahun pengelola Pantai Dondon yang mudahan bisa menggeliatkan kembali kunjungan wisatawan dan semangat pelaku UMKM,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Dondon, Surya Laga, kepada Lensa Mandalika, Selasa (21/12).

Lomba balap sampan, kata Surya adalah salah satu event wisata andalan pokdarwis Pantai Dondon yang telah diselenggarakan sejak beberapa tahun belakangan dan terbukti dibanjiri pengunjung baik domestik dan mancanegara.

Lomba balap sampan tersebut, lanjutnya akan diikuti oleh 36 peserta yang tidak hanya berasal dari dalam Desa Mertak saja, melainkan juga dari Desa-desa tetangga yang turut memeriahkan untuk menjadi pemenang.

“Peserta ada yang dari Desa Kuta, juga dari Desa Sukadana,” terangnya.

Untuk hadiah kepada para pemenang, pihaknya telah menyiapkan beruapa piala dan uang tunai dengan total jutaan rupiah.

“Total hadiah yakni Rp. 5 juta,” imbuhnya.

Untuk paket wisata lainnya, Surya menjelaskan ada beberapa daya tarik unggulan di Pantai Dondon seperti Banana Boat, Surfing, hingga Mertak Sunset Trip.

Demi mendukung aktifitas wisata di Pantai Dondon, pihaknya berharap campur tangan pemerintah agar bisa dilakukan pembenahan destinasi khususnya akses dan amenitas lainnya demi kenyamanan pengunjung.

“Jalan menuju pantai dondon masih berupa jalan tanah, besar harapan kami pemerintah bisa meningkatkan kapasitas jalan kami agar di aspal,” pungkasnya. (red/lm)

Keterangan foto: Pengunjung menyaksikan lomba balap sampan di Pantai Dondon Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah (Foto: dok/Pokdarwis Pantai Dondon)