Lensamandalika.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatukan air dan tanah yang dibawa 34 gubernur ke lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN). Penyatuan air dan tanah itu dilakukan bersama 34 gubernur dari 34 provinsi di seluruh tanah air bersama-sama dengan 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan.

“Ini merupakan bentuk kebinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini,” kata Jokowi dalam kegiatan yang disiarkan secara virtual pada Senin, 14 Maret 2022.

Dia berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada para gubernur dalam rangka mewujudkan sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan segera dimulai, yaitu pembangunan ibu kota nusantara.

Dia mengatakan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta dan seluruh masyarakat dalam mendukung IKN akan sangat membantu agar apa yang dicita-cita bersama bisa terwujud.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, DR H Zulkieflimansyah yang memenuhi undangan Presiden Jokowi untuk berkemah di IKN mengaku membawa tanah dari Gunung Tambora dan Air dari Gunung Rinjani.

“Tanahnya diambil dari Gunung Tambora, karena Tambora ini terkenal sebagai Gunung yang erupsinya pernah menggetarkan, merubah wajah dunia,” kata Zulkieflimansyah.

“Kita harapkan tanah Tambora ini memberikan inspirasi bahwa dengan ibu kota baru, Indonesia tidak dipandang sebelah mata tapi merubah wajah dunia,” imbuhnya.

Sementara untuk air, Zul mengaku membawa mata air Gunung Rinjani yang diambil dari Narmada. DIkatakannya, di Narmada ada tradisi bagi yang ingin awet muda untuk mandi atau membasuh diri dengan air awet muda yang ada di Narmada.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya air dari Rinjani ini akan menghadirkan gagasan dan ide-ide yang terus up to date, ide-ide yang terus baru, awet muda, hingga mampu compatible dengan perkembangan zaman,” jelasnya.

Zul mengaku optimis bahwa calon Ibu Kota Baru ini akan terwujud, seperti halnya Mandalika yang dikatakan Zul mampu disulap oleh Presiden Jokowi dalam waktu sekejap. (red/lm)

Keterangan foto: Dari Kiri ke Kanan: Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua MPRRI Bambang Soesatyo berfoto bersama Setelah prosesi penyatuan Tanah dan Air dari seluruh Provinsi di Nusantara, rencana Ibu Kota baru Republik Indonesia (Foto: dok.instagram/zulkieflimansyah)