Lensamandalika.com – Selama periode MotoGP Mandalika, layanan penerbangan di Bandara Internasional Lombok mencapai rekor tertinggi. Jumlah layanan penerbangan sebanyak 100 flight dan 18.500 orang penumpang sehari.

“Ini rekor tertinggi,” kata General Manager PT Angkasa Pura I – Bandara Lombok Nugroho Jati, Selasa, 15 Maret 2022.

Pada periode 17-22 Maret 2022, Nugroho mengatakan terjadi peningkatan penerbangan sebanyak 600 flight atau rata-rata 100 flight per hari. Kenaikannya sekitar 120 persen dibandingkan hari biasa yang hanya skeitar 40 flight perhari.

Jumlah penumpang pun mengalami peningkatan, dari sebelumnya 3.500 orang per hari menjadi 8.000 orang atau meningkat 150 persen.

“Rata-rata 18 ribu per hari datang dan pergi,” kata Nugroho.

Menurut Nugroho, peniadaan aturan tes swab atau PCR mulai 11 Maret 2022 juga memicu peningkatan kunjungan dari semula 3.500 orang per hari menjadi 5.000 orang atau naik 70 persen.

“Yang terpadat adalah arus penumpang Jakarta-Lombok-Jakarta, kemudian Denpasar-Lombok-Denpasar dan yang ketiga Surabaya-Lombok-Surabaya,” ujarnya.

Mulai hari ini, Bandara Lombok juga membuka layanan operasional penerbangan selama 24 jam untuk menampung kebutuhan slot penerbangan. Maskapai Garuda Indonesia dan AirAsia telah meminta slot untuk extra flight.

“Namun belum ada jet pribadi. Tetapi sudah diantisipasi,” kata Nugroho.

Bandara Lombok memiliki kapasitas parkir 16 pesawat secara bersamaan, yaitu untuk 6 pesawat berbadan lebar dan 10 pesawat berbadan sedang. Guna melayani penerbangan pesawat berbadan besar seperti Boeing 777 dan Boeing 747, Bandara Lombok mendapatkan bantuan 34 orang tenaga asal Bandara Juanda Surabaya dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Selama tujuh hari ini, rata-rata setiap harinya ada 9-10 pesawat besar yang datang. Diantaranya dimulai dengan lima penerbangan logistik MotoGP Mandalika yang mengangkut 404 ton dari Doha Qatar. Sedangkan untuk penerbangan penumpang belum ada permintaan langsung dari kuar negeri ke Lombok.

Bandara Lombok juga telah menerima informasi kedatangan rombongan MotoGP Mandalika dari mancanegara yang datang melalui Jakarta dan Denpasar. Sebanyak 2.500 orang yang menggunakan lima pesawat carter dari Jakarta dan Denpasar akan tiba dengan penerbangan reguler. (red/lm)