Lensamandalika.com – Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) DR H Zulkieflimansyah melakukan gerak cepat menyambangi korban banjir di Dusun Awang, Desa Mertak Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

“Melihat lokasi banjir di Desa Awang kec Pujut Lombok Tengah. Penyebabnya drainase yg tersumbat lumpur yang di bawa air dari gunung. Gunung gundul akibat ditanami jagung,” tulis Bang Zul.

Di lokasi Banjir, Gubernur membagikan makanan siap saji, selimut dan barang-barang lainnya yang dibutuhkan oleh para korban.

“Alhamdulillah Dinas Sosial dan BPBD masih punya stock untuk kami bagikan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Lombok Tengah,” terangnya.

Selain itu, dirinya bersama kepala dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) juga berjibaku mengatasi timbunan bekas tanah longsor di jalan bypass BIL-Mandalika sampai Sabtu (24/12/2022) dinihari. Hal tersebut diketahui dari unggahan di sosial media facebook pribadinya.

Bersama Pak Ridwansyah Kadis PU melihat yang longsor di bypass Mandalika. Alhamdulillah sudah beres juga. Terimakasih teman-teman PU, walaupun hujan angin tetap setia bekerja agar jalan bisa lancar dilalui,” ungkapnya.

Hujan selama dua hari berturut-turut yang melanda wilayah selatan pulau Lombok, diketahui menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Beberapa tempat yang terdampak adalah di area depan sirkuit Mandalika, Desa Kuta. Genangan air bahkan sampai sepaha orang dewasa. Selain itu, banjir juga menggenangi pemukiman warga di Dusun Awang, Desa Mertak, Kecamatan Pujut Lombok Tengah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap dampak curah hujan tinggi dan angin kencang yang terjadi pada akhir Desember 2022 di sebagian wilayah NTB.

BMKG juga menyatakan potensi bencana hidrometeorologi dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal seperti hujan lebat, angin kencang, tanah longsor dan banjir.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi curah hujan tinggi kerap melanda NTB pada musim hujan ini terpantau mulai terjadi di sebagian wilayah NTB seperti di Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur. (red/lm)

Keterangan gambar: Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengunjungi korban banjir di Dusun Awang, Desa Mertak Lombok Tengah. Gubernur juga meninjau pembersihan bekas tanah longsor di bypass Mandalika (Foto: dok.ist)