lensamandalika.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Timur, HM Juaini Taofik, Senin (7/8/23) mulai promosikan BAKSO sebagai produk barunya. BAKSO yang dapat mempermudah proses pedataan masyarakat.

BAKSO yang dipromosikan Sekda bukan BAKSO seperti pada umumnya yang kita bayangkan misalnya yang ada pentol, bihun, urat daging, trus ditambah kecap plus saos dan bawang goreng yang membuat lidah kita ketagihan.

BAKSO yang dipromosikan Sekda ini yaitu sebuah gagasan aplikasi mobile yang dapat di-download melalui Playstore. Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan masyarakat jaman now dan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dalam mengakses atau proses pengurusan semua jenis administrasi kependudukan tanpa harus buang biaya, waktu dan tenaga untuk antri atau pun rame-rame bejubel ke Kantor Dukcapil di kabupaten.

Ketika ditemui di ruang kerjanya pada Senin (7/8/23), Juaini Taofik mengatakan bahwa kata BAKSO merupakan singkatan dari “Buat Administrasi Kependudukan Sistem Online”.

”Jadi, seluruh administrasi kependudukan seperti halnya pembuatan KTP, KK, akte kelahiran, dan lain sebagainya. Cukup dengan 1x klik pada Aplikasi Playstore, maka akan muncul perangkat Bakso dalam waktu cepat,” jelasnya.

Dengan demikian, Pemkab Lotim akan dengan lebih mudah dan lebih cepat mengetahui arus mutasi penduduk setiap hari seperti misalnya penduduk lahir, meninggal, pindah domisili (keluar dan masuk) dan lain sebagainya tanpa harus bongkar-bongkar hard file.

Karenanya, Sekda mengharapkan terutama kepada pemerintah desa untuk segera mengaktifkan dan mempromosikan aplikasi ini melalui website desa oleh operator atau perangkat masing-masing desa, sehingga setiap hari dapat melaporkan situasi mutasi warganya setiap hari. Caranya sangat mudah sekali hanya dengan mengklik aplikasi Playstore kemudian secara otomatis akan muncul gerobak BAKSO yang berisikan sejumlah alur dan sistem jenis administrasi kependudukan apa yang akan dipilih.

Pemkab Lotim melalui DP3AKB akan melaunching aplikasi ini pada hari Rabu (9/8/23) yang akan datang.

“Insya Allah launching akan dilakukan oleh Kepala BKKBN Pusat, Dr (H.C) dr Hasto Wardoyo, Sp.O.G (K) bersama dengan Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy berlokasi di BLK International Lombok Timur di Lenek” tutupnya. (res/Respa)