lensamandalika.com – Perhelatan balap Asia Road Racing Championship (ARRC) yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika pada tanggal 11-13 Agustus 2023 dianggap sebagai MotoGP level Asia.

Sejumlah pembalap dari berbagai negara akan tampil menunjukkan kecekatan mereka dalam kompetisi menjadi yang terbaik. Tidak terkecuali dua pembalap muda asal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sukses merangsak masuk ke ajang ARRC 2023 melalui tiket wildcard. Dua nama itu diantaranya Arai Agaska Dibani Laksana dan Aldiaz Aqsal Ismaya.

Arai akan memacu kuda besi di kelas UB150cc bersama tim LFN HP969 Indonesia Racing Team di ARRC Mandalika pada seri keempat ini. Perhelatan ARRC ini merupakan kesempatan bagi Arai untuk dapat melaju ke ajang WSBK.

Kepada awak media, Arai mengungkapkan, betapa Bahagia dirinya karena dapat membawa nama baik NTB dan Indonesia di ajang ini.

Arai sangat bersyukur karena sekolahnya SMAN 6 Mataram sangat mendukung bakatnya ini. Bahkan, teman-teman Arai akan turut hadir di Sirkuit Mandalika mendukung dan menyemangati Arai dalam memacu kuda besinya.

“Saya latihan motor itu tiga kali dalam seminggu, sementara itu kalau latihan fisik saya lakukan setiap hari mulai dari jogging, nge-gym dan sebagainya,” ucap Arai ketika ditemui di Sirkuit Mandalika pada Kamis (10/8/23).

Pembalap yang berusia 14 tahun ini menceritakan awal mula dia tertarik dunia otomotif. Waktu itu dia melihat ayahnya yang juga pembalap sehingga tertarik dan meminta untuk dibelikan sepeda motor.

Arai memulai debut otomotifnya melalui balapan Motocross hingga akhirnya memutuskan masuk ke road race pada saat kelas 6 SD hingga saat ini. Kemudian siswa SMA 6 Mataram ini sukses cetak prestasi bersejarah sebagai pembalap pertama meraih podium juara kelas Underbone (UB).

Kemenangan tersebut direngkuh di putaran kedua Pertamina Enduro Mandalika Racing Series di Pertamina Mandalika International Circuit di kelas Ub150 Under 20 Years.

Di tempat lain, pada Kejurda Sunday Race 2018, Arai menjadi juara pertama di kelas bebek standar 150cc under 12th. Dari sinilah Arai mulai merangsak masuk ke team balap motor Yamaha Semoga Abadi Racing Team yang bermarkas di Tulung Agung.

Bersama Timnya, Arai juga meraih podium kedua pada ajang Yamaha Cup Race 2019 di kelas bebek 150cc ECU standar under 12th.

Sejak musim balap 2019, tepatnya saat tarung di ECU STD, Arai sudah bersama tim DR Jack Zyrof47 dan berlanjut sampai 2022. Arai mampu membuktikan kemampuannya hingga jadi jawara pada ronde penutup Oneprix di Tasikmalaya. Arai juga merupakan juara umum bLU cRU Idemitsu Junior Pro 2022. (red/Respa)