lensamandalika.com – Tidak hanya heboh ketika balapan, aksi para pembalap MotoGP di luar lintasan juga menjadi pusat perhatian.

Pada hari ini, tepatnya Kamis (12/10/23), dimana sehari sebelum race di lintasan Sirkuit Mandalika, para rider MotoGP melakukan aksi bersih-bersih pantai dan menanam terumbu karang di Kuta Mandalika. Dalam aksi sosial ini, beberapa rider ikut berpartisipasi untuk kampanye lingkugan.

Adapun rider yang ikut serta diantaranya ada juara dunia Maverick Viñales, Takaki Nakagami, Miguel Oliveira, Alonso Lopez, Manuel Gonzalez, Ayumu Sasaki, dan rider Indonesia, Arbi Aditama. Terlihat ketika turun ke pantai para rider ini mengenakan topi dan sendal.

Setelah mendapat pengarahan dan penjelasan dari panitia, para rider MotoGP ini langsung action menyelam ke pantai untuk menanam terumbu karang atau coral plantation. Kemudian mengikat karang muda pada wadah yang sudah disiapkan. Terumbu karang yang sudah terikat itu langsung dibawa ke laut oleh tim penyelam.

Tidak hanya itu saja, para rider ini kemudian melakukan aksi bersih-bersih pantai atau beach cleaning movement. Sampah yang dipungut kemudian mereka masukkan ke kantong plastik hitam sebagai wadah yang telah disiapkan panitia.

Hasilnya, aksi para rider dunia ini mencuri perhatian masyarakat. Namun masyarakat tidak dapat berbuat apa-apa karena aksi ini dijaga aparat keamanan dengan cukup ketat.

Adapun sebelum menanam terumbu karang, para rider terlebih dahulu disambut dengan tarian khas Suku Sasak, tari gandrung. Kemudian mereka bersama jajaran ITDC melakukan sesi foto bersama di depan tulisan The Mandalika.

Sebelumnya, Direktur Operasional ITDC, Troy Reza Warokka mengungkapkan bahwa para rider hari ini akan berjalan di sepanjang pantai Kuta Mandalika kemudian akan menanam terumbu karang hingga bersih-bersih pantai.

Mereka sekaligus menikmati hiburan seni tari Lombok dan diperkenalkan berbagai produk lokal di Bazar Mandalika.

​”Jadi sekalian kita memperkenalkan Lombok Indonesia kepada mereka. Kita memiliki daerah yang kaya akan sumber daya alam,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa penanaman terumbu karang hari ini menjadi agenda pendukung terakhir yang diikuti oleh rider crew dan official.

Karena Jumat (13/10/23) besok sampai Minggu (15/10/23), semua rider akan berkutik hanya didalam Sirkuit Mandalika saja termasuk persiapan untuk beradu kecepatan di lintasan Sirkuit Mandalika.

​”Karena jumat aktivitas sudah di sirkuit untuk balap,” tambahnya.

Dia menegaskan bahwa kegiatan yang melibatkan para rider MotoGP tersebut dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat. Tetapi, ada batasan atau protokoler yang diterapkan disana. (red/Respa)