Lensamandalika.com – Surat Telegram (TR) Kapolri mengenai mutasi sejumlah pejabat sudah diterbitkan.

Adapun TR bernomor: ST/2750/XII/KEP./2023 terkait Pemberhentian dan Pengakatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri diterbitkan pada Kamis (7/12/23) kemarin. Sejumlah pejabat di Polda NTB pun terkena dampaknya dan ikut bergeser dari ratusan pejabat kepolisian yang dirombak.

Terdapat nama Kombes Pol Djoni Widodo selaku Dirlantas Polda NTB yang digeser dalam jabatan menjadi Gadik Utama Diklatsusjatrans Lemdiklat Polri. Kemudian posisinya digantikan oleh Wadirlantas Polda NTB, AKBP Ramadhoni Sutardjo.

Selanjutnya Karo SDM Polda NTB, Kombes Pol Boro Windu Danandito yang digeser sebagai Assesor SDM Kepolisian Madya TK. II SSDM Polri.

Nama lain yang juga kena dampaknya yaitu Kapolresta Mataram, Kombes Pol Mustofa yang ikut bergeser ke jabatan barunya yaitu sebagai Kapolresta Magelang di Polda Jateng. Kemudian jabatan sebelumnya tersebut digantikan oleh AKBP Ariefaldi Warganegara yang sebelumnya menjabat Kabagbinkar RO SDM Polda Sumsel.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda NTB, Kombes Pol Teddy Ristiawan juga ikut bergeser dari jabatannya. Sekarang dia menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri. Pergeseran itu dilakukan dalam rangka Dik Sespimti Polri Dikreg ke-33 2024. Kemudian Dirkrimum Polda NTB yang baru dijabat oleh AKBP Syarif Hidayat yang sebelumnya menjabat Wakapolresta Mataram.

Nama selanjutnya yang ikut digeser berdasarkan Surat Telegram (TR) Kapolri yaitu Dirpolairud Polda NTB, Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga. Dia dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Polair Baharkam Polri, dalam rangka Dikreg LII Sesko TNI 2024. Adapun penggantinya yaitu Kombes Pol Andree Ghama Putra yang sebelumnya di Dirpolairud Polda Banten.

Kapolres Lombok Timur, AKBP Hery Indra Cahyono bergeser menjadi Kabagdalpers RO SDM Polda DIY. Posisinya digantikan oleh AKBP Hariyanto yang sebelumnya menjabat Kapolres Bima. Sedangkan Kapolres Bima yang baru diisi oleh AKBP Eko Sutomo yang sebelumnya menjadi Danyon A Resimen III Paspelopor Korbrimob Polri. (red/Respa)