Mataram-Lombok Institute of Techonology (LIT) mengirim mahasiswa untuk mengikuti kompetisi inovasi kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan diajang Shell Eco-Marathon (SEM) 2024 Sirkuit Internasional Pertamina, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2-6 Juli.

Pada lomba kendaraan energi tahun ini, tim LIT akan bersaing dengan mahasiswa dari 12 negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah.

“LIT telah mengirim tim yang terdiri dari orang 14 mahasiswa dan satunya dosen pembimbing” kata Dr. Yul Haidir.

Sebagai kampus di NTB yang fokus dalam bidang energi dan memiliki program studi teknik sistem energi. Tiap tahunnya, LIT selalu mengirimkan perwakilan mahasiswanya untuk mengikuti berbagai kompetisi ditingkat nasional dan internasional.

“Bagi LIT, ajang Shell Eco Marathon adalah ruang kreatifitas mahasiswa dalam merancang bentuk mobil hemat energi dan ramah lingkungan” ujar Raktor LIT dalam jumpa pers di Kampus LIT, Lenek, Lombok Timur, Sabtu, 6 Juli 2024.

Menurut Rektor LIT ini, Shell Eco Marathon 2024 juga bagian dari cara LIT mempersiapkan mahasiswanya untuk akrab dengan inovasi yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satunya, lewat pengembangan kendaraan hebat energi.

“Tujuan kami mengirim mahasiswa ini juga untuk memperkenalkan mereka pada lomba international sejak dini. Semua mahasiswa ini, berasal dari desa dan tidak pernah berinteraksi langsung dengan budaya luar”. Ungkapnya.

Hal yang sama juga dikatakan, Yoga mahasiswa semester 2 LIT. Bagi dia tim LIT menjadikan ajang Shell Eco Marathon 2024 sebagai awal pembelajaran dan mempraktikan ilmu di kampus LIT.

“Bagi kami mahasiswa LIT, ajang Shell Eco Marathon tingkat Asia Pasifik dan Timur Tengah ini menjadi pengalaman tak terlupakan. Bertemu dan belajar bersama mahasiswa dari berbagai negara” kata Yoga, tim manajer kendaraan hemat engergi LIT. (Izi)