lensamandalika.com – Setelah ‘dikhianati’ Anies Baswedan, Partai Demokrat akhirnya melabuhkan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024.

Dengan resmi Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disebut AHY hendak mengumumkan bahwasanya memberi dukungan kepada Prabowo, Kamis (21/9/23). Begitu yang diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya.

Menurutnya, dukungan kepada Prabowo disampaikan AHY ketika berkunjung ke kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/23).

“Ketua Umum Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat yang mengatakan bahwa Partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024,” ucapnya.

Dia juga menambahkan bahwa AHY menitipkan semangat perubahan dan perbaikan supaya diperjuangkan oleh Prabowo Subianto.

“Yang sudah baik dilanjutkan, dan yang belum baik diperbaiki,” lanjutnya,

Dia juga mengatakan, AHY baru hendak mengumumkan keputusan resmi ketika menggelar rapat pimpinan nasional atau rapimnas hari Kamis (21/9/23).

“(Rapimnas) yang diikuti ribuan pengurus Partai Demokrat dari seluruh Indonesia,” tambahnya.

Sebelum itu, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan AHY bertemu dengan Prabowo dan lima ketua umum partai politik (parpol) yang menjadi bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Adapun sebelum pengumuman tersebut Demokrat sempat menjadi bagian dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Bersama dengan Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Tetapi Demokrat merasa kecewa pasca Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dan bacapres KPP, Anies Baswedan yang tiba-tiba membuat kesepakatan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menunjuk Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres)-nya.

Adapun saat ini KPP telah diisi oleh Nasdem, PKB dan juga PKS yang pada akhirnya menerima Muhaimin sebagai bacawapres Anies pada Jumat (15/9/23). (red/Respa)