lensamandalika.com – Sirkuit Mandalika kemungkinan besar tidak lagi menjadi tuan rumah event dunia World Superbike (WSBK) musim balapan 2024 yang akan datang.

Dari kalender sementara event balap dunia WSBK musim 2024 yang dirilis Dorna Sport selaku penyelenggara, tidak ada nama sirkuit Mandalika yang terpampang di dalamnya.

Pasalnya, dari total 12 seri balapan yang direncanakan musim depan, terdapat 10 sirkuit lama yang bakal kembali menyelenggarakan event balapan dunia tersebut. Ditambah dua sirkuit baru diantaranya Sirkuit Cremona Italia dan Sirkuit Taman Balaton Hungaria.

Sesuai dengan kalender balapan yang dirilis sementara, Kamis (26/10/23) kemarin, total seri balapan WSBK musim depan akan diselenggarakan di 9 negara. Dengaan seri pembukanya akan digelar di Sirkuit Philip Island Australia, pada 23-25 Februari 2024 yang akan datang. Kemudian dilanjutkan ke Sirkuit de Barcelona-Catalunya Spanyol, sebulan setelah seri pembuka.

Adapun seri terakhir akan berlangsung di Sirkuit Jerez Spanyol. Dimana Spanyol sendiri menjadi Negara yang paling banyak mendapat bagian dalam event WSBK ini, yakni sebanyak tiga seri balapan. Kemudian disusul Italia dua seri balapan.

Sedangkan Belanda, Australia, Inggris, Ceko, Portugal, Hungaria dan Prancis kebagian masing-masing satu seri balapan saja. Dengan Australia menjadi satu-satunya Negara penyelenggaran WSBK di luar benua biru.

Tidak hanya itu saja Australia juga berkesempatan menggelar tes pra musim resmi WSBK pada 19-20 Februari 2024 mendatang. Sebelum balapan pembuka digelar di sirkuit yang sama satu minggu kemudian. Bersama dengan Sirkuit de Barcelona, Spanyol akan menggelar tes dukungan pada 14-15 Maret 2024.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA), Priandhi Satria ketika dikonfirmasi awak media terkait dicoretnya sirkuit internasional Mandalika sebagai lokasi gelaran WSBK musim balap 2024 mendatang, belum mau berkomentar banyak. Namun dia mengisyaratkan untuk menunggu sampai ada jadwal resmi balapan WSBK tahun depan.

“Sebentar ya,” ucapnya singkat.

Adapun untuk balapan MotoGP tahun depan, dipastikan akan ada nama sirkuit internasional Mandalika didalamnya. Dimana sirkuit Mandalika sesuai jadwal resmi yang dikeluarkan Dorna Sport akan memulai balapan pada seri ke-15 tanggal 27-29 September 2024 mendatang. (red/Respa)