Lensamandalika.com – Merebaknya virus corona dengan cepat ke berbagai belahan dunia membuat beberapa Negara ketar-ketir. Sederetan agenda Internasional yang sedianya akan dilaksanakan di Negara-negara tersebut akhirnya harus dibatalkan.

Sebut saja event balapan Internasional sekelas Moto GP yang kelas perdananya akan dilaksanakan di Sirkuit Losail, Qatar.

Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA), dan Dorna Sports, resmi menyatakan bahwa Grand Prix Qatar di Sirkuit Losail pada 6-8 Maret mendatang dibatalkan untuk kelas MotoGP, sementara Moto2 dan Moto3 akan tetap berlangsung.

Senada dengan Qatar, Negara Arab Saudi sebagai tujuan Ibadah Haji dan Umroh umat Islam juga menutup sementara kedatangan Jemaah Umrah untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus mematikan tersebut.

Berdasarkan siaran pers KJRI Jeddah 2/3/2020, Pemerintah Arab Saudi belum mencabut kebijakan penundaan akses masuk bagi Jemaah Umrah.

Sama halnya dengan arab saudi, Jepang sebagai tuan rumah Penyelenggaran Olimpiade juga di izinkan untuk menunda pelaksanaan Olimpiade Tokyo hingga akhir 2020.

Kontrak dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang menyatakan Olimpiade bisa digelar selama tahun 2020. Itu bisa ditafsirkan memungkinkan untuk penundaan, meski Jepang tetap berkomitmen untuk bisa dilaksanakan pada 24 Juli mendatang.

Meski akan ada kerugian sekitar Rp. 178,12 Triliun, Jepang tetap akan menunda Olimpiade Tokyo apabila Virus Corona tak kunjung mereda. Hingga saat ini, virus tersebut setidaknya telah memakan 12 korban jiwa di Jepang.

Keputusan berbeda di ambil oleh Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang akan tetap menyelenggarkan gelaran L’Etape Indonesia by Tour de France bulan April mendatang.

Lomba Sepeda Road Bike ini akan diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 3-5 April mendatang di area KEK Mandalika.

Dikutip dari kicknews.today, Direktur L’etape Indonesia Zacky Badarudin mengatakan sampai hari ini jumlah peserta yang mendaftar dan mengonfirmasi even tersebut mencapai 1.300 orang dari 18 Negara.

Rapat koordinasi persiapan L’etape Indonesia 2020 yang melibatkan penyelenggara dengan berbagai stakeholder kegiatan dilaksanakn kemarin (4/3/2020).

Pertanyaannya, apakah pemerintah tidak khawatir terkait penyebaran virus corona yang belakangan ini begitu pesat ? Mari kita tanya jawabannya pada rumput yang bergoyang ! (red/lensamandalika.com)