Lensamandalika.com – Desa Wisata Hijau (DWH) Bilebante Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat terpilih sebagai juara ke dua pada ajang BCA Desa Wisata Award 2021 kategori wisata alam.

Penganugerahan tersebut diselenggarakan secara hybrid yakni offline dan online melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (3/9/2021) sore.

Pembacaan nominasi dan pengumuman pemenang kategori alam disampaikan langsung oleh Presiden Direktur Bank BCA yaitu Jahja Setiaatmadja.

“Jadi Juara ketiga adalah Desa Wisata Nadulang Jawa Tengah,” kata Jahja.

Desa Wisata Nadulang mendapatkan hadiah uang tunai dan program pendampingan senilai Rp. 25 juta.

“Berikutnya, kalau sudah ada juara ketiga, ada juara kedua. dan Juara kedua adalah Desa Wisata Bilebante Nusa Tenggara Barat,” kata Jahja.

Sebagai apresiasi, Desa Wiata bilebante mendapatkan hadiah uang tunai dan program pendampingan senilai Rp 50 juta Rupiah.

Selanjutnya, pemenang pertama BCA Desa Wisata award 2021 kategori alam adalah Desa Wisata Taro Bali. Adapun hadiahnya adalah uang tunai dan program pendampingan senilai Rp 75 juta Rupiah.

adapun nominasi untuk BCA Desa Wisata award 2021 kategori alam adalah sebagai berikut:

  1. Desa Wisata Kawinda To’i Bima-NTB
  2. Desa Wisata Bilebante Lombok Tengah-NTB
  3. Desa Wisata Nadulang Jawa Tengah
  4. Desa Wisata Kali Biru Jogjakarta
  5. Desa Wisata Geni Langit Jawa Timur
  6. Desa Wisata Taro Bali
  7. Agro Wisata Situ Rawa Gede Jawa Barat

Ajang BCA Desa Wisata award diikuti oleh 465 Desa Wisata seluruh Indonesia dan tersaring sebanyak 20 Desa wisata sebagai finalis untuk memperebutkan penghargaan di empat kategori yakni kategori alam, kategori budaya, kategori Kreatif, dan kategori digital.

Direktur Desa Wisata Hijau Bilebante, Pahrul Azim kepada Lensa Mandalika menyatakan rasa syukur dan bangga atas terpilihnya Desa wisata bilebante sebagai juara kedua pada ajang BCA Desa Wisata Award 2021 kategori alam.

“Alhamdulillah, terimakasih atas penganugerahan juara kedua BCA Desa Wisata award 2021 kategori alam kepada Desa Wisata Hijau Bilebante,” ungkap Pahrul.

Direktur Desa Wisata Hijau (DWH) Bilebante-Lombok Tengah, Pahrul Azim ketika menemani wisatawan berkeliling menggunakan sepeda (Foto: dok DWH Bilebante for LM)

Dirinya mengatakan, penghargaan tersebut dipersembahkan untuk segenap pihak yang telah membantu dan mendukung pengembangan desa wisata hijau bilebante hingga menjadi seperti saat ini.

“Terimakasih untuk Tim Desa Wisata hijau Bilebante yang penuh semangat dan tanpa henti berjuang untuk membangun Desa. Terimaksih untuk BCA, Kemenparekraf, Gubernur NTB, Dinas Pariwisata NTB, Dinas Pariwisata Lombok Tengah, dan tentunya Bapak Kepala Desa dan seluruh lembaga yang ada di Desa Bilebante,” katanya.

“Tak Lupa kami ucapkan terimakasih kepada Giz, Martha Tilaar, Bank Indonesia, Genpi, Allianz, Unram, Poltekpar, Panorama Travel dan tim pendukung lainnya yang tidak bisa kmi sebutkan satu persatu,” pungkasnya.

Adapun pemenang-pemenang pada setiap kategori di ajang BCA Desa Wisata award 2021 adalah sebagai berikut:

Kategori alam:
Juara 1 Taro – Bali
Juara 2 Bilebante – NTB
Juara 3 Nadulang – Pemalang – Jawa Tengah

Kategori Budaya:
Juara 1 Karangturi – Lasem – Jawa Tengah
Juara 2 Osing Kemiren – Jawa Timur
Juara 3 Aneklaut – Aceh

Kategori Kreatif:
Juara 1 Ngrombo Sukoharjo Jawa Tengah
Juara 2 Pagak Banjarnegara Jawa Tengah
Juara 3 Semen Jawa Timur

Kategori Digital:
Juara terbaik Desa Kemuning Karanganyar Jawa Tengah

(red/lm)