Lensamandalika.com – Telah dikonfirmasi secara resmi bahwa Race 1 dan Race 2 Asia Talent Cup Mandalika dibatalkan.

Mengutip @rockfmlombok dari @mgpindonesia, pembatalan tersebut disebabkan oleh kurangnya jumlah tenaga marshal disetiap pos yang telah disiapkan.

Secara regulasi jumlah tiap pos seharusnya 8 orang, namun sejauh ini Pertamina Mandalika International Street belum memenuhi angka minimal tersebut.

Selanjutnya partai final IATC direncanakan untuk dilaksanakan pekan depan dengan catatan semua aspek pendukung termasuk tenaga marshal siap 100%. Asia Talent Cup juga dijadwalkan menggelar balapan, disela sela World Superbike Mandalika.

Gubernur NTB Zulkiflimansyah yang datang ke sirkuit Mandalika hari ini (14/11) membenarkan hal tersebut.

”Bagi panitia, safety itu yang utama. Dari informasi yang masuk ke saya karena kesigapan dari marshal kita ternyata masih harus perlu dilatih agar lebih responsif. Karena mungkin ini yang pertama, jadi masih ada kekeliruan, jadi ketika seharusnya bendera diangkat malah tidak diangkat, ini kan menyangkut keselamatan oleh karena itu mereka ga mau mengambil resiko sedikitpun ya dipending dulu, mudah mudahan katanya bisa dilaksanakan setelah tanggal 21 atau dilihat dulu sampai marshallnya siap” ujarnya.

Untuk mendatangkan marshal yang sudah terlatih dari luar, menurut Gubernur yang biasa disapa Bang Zul itu merasa tidak perlu, karena marshall butuh waktu untuk dilatih.

“Maksud kita kan ingin mengakomodir tenaga kerja setempat untuk jadi marshal, masa marshal didatengin dari jakarta atau luar kan ga bagus tuh, kan melatihnya butuh waktu juga” pungkasnya. (red/lm)