Aktiftas Tunak Besopoq

Seperti disebut diatas, kelompok masyarakat membagi tugas mengurus TWA ini, ada yang berkerja di hotel dan restaurant, penangkaran rusa maupun pusat ekologi kupu kupu.

1. Tunak Cottage & Restaurant

Tunak Cottage and Restaurant, TWA Gunung TUnak (Foto: Dok. TWA Gunung Tunak)

Terletak di pintu masuk sebagai pusat aktifitas, terdapat akomodasi bagi yang ingin berlama lama menghabiskan setiap sudut Gunung Tunak. Tersedia 10 kamar penginapan yang sudah memiliki faslitas lengkap sebagaimana hotel pada umumnya.

Kamar guest house hibah dari Korea Selatan disulap mejadi kamar Deluxe Ocean View dilengkapi AC, Air Hangat dan dingin, fasilitas kopi teh air minum, toilet duduk, dan lain sebagainya. Kamarnya yang hanya berjumlah 10 ruangan membuatnya tetap sepi meskipun fully book.

Tampak Dalam Kamar Tunak Cottage (Foto: Dok. TWA Gunung Tunak)

Untuk rombongan yang lebih besar, tim kerja tunak besopoq dengan senang hati meyediakan fasilitas tenda maupun extra bed. Pelayanan penuh kekeluargaan dengan harga sangat terjangkau kini sudah bisa dipesan online melalui booking.com ataupun Traveloka. Namun lebih disarankan untuk memesan langsung untuk mendapatkan harga terbaik.

Halaman Depan Tunak Cottage, Cocok Untuk Menikmati Panorama Matahari Terbenam

Tunak Restoran melayani sarapan pagi hingga makan malam, buka Pukul 07.00 sampai 22.00 WITA dengan menu utama seafood (makanan laut) hasil tangkapan nelayan setempat untuk menjamin kesegaran dan kualitas ikan yang akan disuguhkan. Jika tidak ada di menu, tim tunak restaurant juga akan dengan senang hati menemani pengunjung berbelanja langsung ke pasar tradisional setempat dan bersama-sama memasaknya. Pilihan lainnya, tamu bisa ditemani pergi memancing dan ikan hasil tangkapan akan di masak bersama untuk hidangan makan siang atau makan malam.

Manager Tunak Cottage and Resto, Rata Wijaya Berpose di Ruang Meeting (Dok. TWA Gunung Tunak)

Tunak besopoq terus berbenah, saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas rapat dengan pemandangan lepas pantai. Daya tampung ruang rapatnya pun cukup hingga 70 orang. Biasanya disela-sela kegiatan rapat, tamu akan diajak melakukan kegiatan penghijauan, melepas tukik ataupun melepas burung sebagai bagian dari kegiatan konservasi.

2. Penangkaran Rusa

Pusat Penangkaran Rusa TWA Gunung Tunak (Foto: Dok. TWA Gunung Tunak)

Salah satu satwa endemik TWA Gunung Tunak, Rusa semakin jarang terlihat. Dalam proses edukasi masyarakat sekaligus memberikan kesempatan kepada pengunjung bercengkrama dengan rusa, tunak bespoq binaan BKSDA ini juga memiliki penangkaran yang dapat diakses publik. Hanya dengan Rp. 5.000, anda bisa mendapatkan satu basket makanan rusabyang bisa diberikan langsung. Sampai saat ini sudah ada 37 ekor spesies rusa timor yang ditangkar, dan beberapa diantaranya sudah melahirkan anak-anaknya dalam penangkaran.  Usaha memang tidak akan pernah menghianati hasil.

3. Ekologi Kupu Kupu

Pengunjung Berfoto di Taman yang berada di Pusat Ekologi Kupu-kupu TWA Gunung Tunak (Foto: Instagram/@_dwiranata)

Kupu Kupu sebagai salah satu aset kekayaan alam Gunung Tunak di buatkan pusat ekologi untuk dapat melihat bagaimana Kupu-kupu berproses dari larva kepompong hingga menjadi kupu-kupu yang indah. Pusat ekologi ini paling digemari oleh anak-anak sekolah yang melakukan kegiatan study tour di kawasan TWA Gunung Tunak.

Seolah tidak ada habisnya mengupas Taman Wisata Alam ini sampai anda datang mengunjunginya. Anda bisa mengunjungi situs website, media sosial di instagram @twagunungtunak @tunakcottage&restaurant maupun melalui laman Facebook TWA Gunung Tunak, Tunak Cottage and Restaurant, messenger maupun email ke tunak.lombok@gmail.com

Di Google maps, TWA Gunung Tunak juga sudah bisa di akses langsung menggunakan street view. Wonderful kan ?

Yuk buruan datang, jangan lupa ping ke Whatasap managernya langsung Bapak Rata Wijaya dengan Nomor 081907337907 jika ada hal hal yang ingin ditanyakan mengenai pemesanan, fasilitas jemputan ataupun kritik saran terhadap pelayanan.

Yuk buruan rencanakan liburan anda ke TWA Gunung Tunak.