Fitur Baru ! WhatsApp Bisa Tambah Kontak Tanpa Simpan Nomor

0
Ilustrasi aplikasi chat Whatsapp. (Foto. Dok. Pixabay)

LensaMandalika- WhatsApp tengah mengembangkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya menambahkan kontak tanpa menyimpan nomor. Fitur tersebut ialah memindai atau scan Quick Response (QR) code unik. Ya, kode QR nantinya punya fungsi tambahan simpan kontak, tak lagi sekadar untuk buka WhatsApp di versi web atau desktop.

Setiap pengguna WhatsApp nantinya akan memiliki kode QR masing-masing. Fitur itu bakal muncul di menu Settings atau Pengaturan.

Opsi kode itu muncul tepat di samping nama penggunanya. Cukup ketuk ikon kode QR tersebut, dan WhatsApp akan menampilkan tampilan QR code yang siap untuk di-scan.

Perlu diingat, ketika membagikan QR code, itu berarti sama saja dengan membagikan nomor WhatsApp. Jadi, apabila kamu ingin membagikan kode tersebut ke media sosial, maka sama saja dengan menyebarkan nomor ponselmu.

Update ini terkesan seperti penambahan fitur yang sangat sederhana. Tapi, kalau dipikir-pikir lagi, menambahkan kontak di WhatsApp kadang menjadi hal yang sangat menyebalkan.

Pengguna harus menyimpan kontak terlebih dahulu, seperti nama dan nomor ponsel secara manual, agar bisa menghubungi orang lain di WhatsApp. Belum lagi kalau salah input data, kontak tidak akan muncul dan harus edit di phonebook.

Di sisi lain, fitur QR code ini hanya akan menambah kemudahan menambahkan nomor seseorang jika pengguna bertemu secara langsung.

Menurut laporan WABetaInfo, blog yang khusus memberitakan update terbaru dari WhatsApp, fitur ini ada dalam versi beta v2.20.171. Karena masih beta, ia belum tersedia untuk semua pengguna. Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis secara global.

Jika kamu men-download aplikasi WhatsApp versi beta di Android, kamu dapat mencobanya dan memverifikasi kode QR ini di pengaturan WhatsApp. Sayang, hal ini tidak berlaku bagi pengguna beta iOS, karena versi itu ditutup.

Sebelumnya, WhatsApp mengumumkan telah menambah jumlah kapasitas peserta video call di aplikasi tersebut menjadi 50 orang. Fitur itu bisa terwujud berkat adanya integrasi ke aplikasi video conference milik Facebook, Messenger Rooms.

Selain aplikasi mobile, fitur ini juga akan bisa digunakan di WhatsApp versi web. Dukungan web ini ditujukan untuk membantu masyarakat berkomunikasi dengan layanan tele-konferensi video lainnya di tengah pandemi virus corona. (Red/Letter A)

Baca juga artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here