UTBK SBMPTN 2020 Dilaksanakan di Masa Pandemi, ini Panduan Lengkapnya !

0
UTBK SBMPTN Foto: Dok. Unpad

LensaMandalika – Ujian masuk PTN lewat Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK SBMPTN 2020 bakal segera diadakan. Tapi, pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi di tengah pandemi COVID-19.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai penyelenggara telah melakukan beberapa perubahan. Mulai dari alur pendaftaran sampai materi yang akan diujikan.
Ada beberapa hal yang perlu dicatat baik-baik buat calon mahasiswa sebelum mengikuti UTBK SBMPTN 2020. Simak di bawah ini, ya!

Pelaksanaan Sesuai Protokol COVID-19

Demi mencegah penyebaran virus corona, peserta UTBK SBMPTN wajib mengenakan masker sebelum, saat, dan sesudah ujian. Sebelum masuk ruang ujian, peserta dipastikan dalam kondisi sehat dan melalui prosedur pemeriksaan COVID-19.

Satu Kali Tes

Tiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil satu kali tes. Tes dilaksanakan empat sesi setiap hari, kecuali pada Jumat sebanyak dua sesi.

Materi UTBK SBMPTN 2020 Lebih Sederhana

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Budi Prasetyo menyebut kondisi saat ini enggak normal, jadi tes juga diselenggarakan sesuai situasi yang ada.

“Perubahan pada UTBK hanya ada Tes Potensi Skolastik (TPS),” ujar Budi dikutip dari Kumparan.
TPS dinilai penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.
Sub tes dalam TPS UTBK SBMPTN 2020 terdiri dari:
1. Kemampuan Penalaran Umum
2. Kemampuan Kuantitatif
3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
4. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis
Sebagian soalnya akan disajikan dalam bahasa Inggris.

Penilaian Sesuai Jurusan Kuliah yang Dipilih

Meski jenis tes sama buat setiap peserta, tapi akan ada pembobotan sub tes sesuai jurusan kuliah yang dipilih.

“Akan disesuaikan faktor pembobotan sub tes berdasarkan program studi yang diambil, baik IPA atau IPS,” kata Budi.

Daftar Sekaligus Memilih Jurusan Kuliah

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan secara bersamaan. Jadi saat memilih lokasi dan jadwal tes, peserta juga sekalian memilih PTN dan jurusan kuliah.

Peserta dapat memilih paling banyak dua jurusan kuliah dalam satu PTN atau dua PTN. Urutan pilihan menyatakan prioritas.
Karena dilakukan secara bersamaan, calon mahasiswa enggak akan tahu nilai UTBK sebelum memilih jurusan kuliah. Namun, nantinya nilai UTBK tetap akan diberikan oleh LTMPT.

Lokasi Ujian di Kota masing-masing

UTBK tahun ini akan digelar di 74 perguruan tinggi negeri (PTN) di tiap provinsi. Peserta diminta untuk mengikuti tes di PTN yang ada di kota masing-masing.

Jadwal UTBK SBMPTN 2020

Pendaftaran dimulai pada 2-20 Juni 2020 dan ujiannya pada 5-12 Juli mendatang. Sementara, hasilnya akan diumumkan pada 25 Juli 2020.

Biaya UTBK SBMPTN 2020 diturunkan

Biaya yang ditanggung oleh peserta sebesar Rp 150 ribu dan bisa dibayarkan melalui bank pilihan. Tapi, UTBK SBMPTN 2020 gratis bagi peserta yang memiliki nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. (Red/Letter A)

Baca juga artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here