Daerah-  Hari Kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, tidak hanya merefleksikan kembali semangat nasionalisme dan perjuangan para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan tetapi juga mengisi hari kemerdekaan dengan hal-hal yang positif yang membangun rasa kebersamaan dan gotong royong didalam masyarakat.

Lomba agustusan salah satunya,  seperti sudah dianggap menjadi  tradisi yang wajib yang dilakukan masyarakat untuk menyambut Hari kemerdekaan Indonesia,tidak lengkap kiranya jika tidak diselenggarakan dimomentum yang langka sekali setahun tersebut.

Itulah yang melatar belakangi para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Meraje Kesume Desa Mertak untuk menyelenggarakan lomba dalam rangka mengisi kemerdekaan.

Kolaborasi antara KTD Mertak bersama Karang Taruna Kecamatan Pujut akhirnya menyelenggarakan lomba balap sampan dan kano, bertempat di Wisata Bahari Mertak (WBM) tepatnya di Pantai Batu Berang, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Lomba balap sampan dan kano tersebut dilaksanakan dua hari, mulai hari Kamis sampai Jum’at besok. Kegiatan tersebut bukan hanya mendapatkan hati masyarakat desa bahkan menjadi perhatian masyarakat NTB dan para turis.

Bertempat di Wisata Bahari pantai batu berang yang eksotis  membuat kegiatan lomba tersebut dirasakan begitu berkesan ditemani angin pantai yang menyejukkan, sesekali penonton bersorak sorai melihat kegesitan para peserta lomba mengendalikan sampan dan kano.

Diikuti oleh para peserta dari berbagai desa di Kecamatan Pujut Lomba balap sampan dan kano ini melambangkan perjuangan dan kerja keras untuk mencapai kemenangan, sehingga sangat tepat  bisa merefleksikan semangat nasionalisme.

Meskipun dilaksanakan ditengah pandemi covid 19, panitia penyelenggara mengingatkan kepada para pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid 19.

Hal tersebut dikonfirmasi Radian Hasan selaku ketua panitia kepada Tim Liputan Lensa Mandalika “Kita wajibkan siapa saja  yang menyaksikan lomba agar menggunakan masker, kami juga menyiapkan pojok handsanitizer untuk para pengunjung dilokasi kegiatan karena new normal bukan seharusnya kita menyepelekan anjuran kesehatan” pungkasnya. (13/08)

Melalui lomba ini Karang Taruna Desa Mertak dan Karang Taruna Kecamatan Pujut juga sekaligus mempromosikan Wisata Bahari Desa Mertak sehingga kedepannya mereka berharap agar wisatawan lokal maupun mancanegara  mengenal Wisata Bahari Pantai Batu Berang dan menjadikannya destinasi tujuan liburan yang memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat. (Red/Letter A)