Masrun Habib, Dukung Penuh Pemuda Prabarda Pertahankan Budaya Presean

0

Lombok Tengah – Pasangan Calon (Paslon) dengan jargon Lombok Tengah Mendunia Manthab, mendukung penuh upaya pemuda desa Pandan Indah Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah (Loteng), dalam mempertahankan budaya presean ditengah kemajuan dan teknologi. Pasalnya budaya adalah salah satu peninggalan leluhur, yang harus dijaga dan dilestarikan, sehingga tidak luntur dengan kemajuan zaman.

Tokoh Muda Dusun Kelambi Desa Pandan Indah Kecamatan Praya Barat Daya Loteng Mahrun MPdI mengaku, banyak berterima kasih kepada Paslon Masrun Habib, atas kepeduliannya kepada pemuda desa Pandan Indah, terutama dalam melaksanakan program peresean.

“Alhamdulillah, terimakasih kami haturkan kepada Paslon Masrun Habib yang telah peduli dan memberikan suport kepada kami dalam melaksanakan program pertahankan budaya peresean yang mulai luntur ditengah kemajuan zaman,” katanya.

Atas dukungan dan suport tersebut, pihaknya menilai kalau Paslon ini termasuk Paslon yang memiliki kepekaan dan peduli terhadap budaya peresean.

Dimana budaya ini salah satu budaya peninggalan leluhur yang harus dipertahankan. “Alhamdulillah, tidak pernah saya sangka sangka tiba tiba kami selaku panitia dipanggil sama Paslon ini dan bercerita kalau kami dari kalangan muda sedang melaksanakan lomba peresean dan beliau langsung menyambut baik dan mensuport, dan semoga apa yang beliau berikan tercatat sebagai amal ibadah, amin,” ungkapnya.

Dikatakan, budaya peresean akhir akhir ini mulai tergerus oleh kemajuan zaman, pemuda sebagai tulang punggung harapan bangsa, harus mampu berbuat salah satunya dengan cara mempertahankan budaya dan menggelar lomba peresean.

“Jadi saya amati akhir akhir ini budaya peninggalan leluhur semakin tergerus kemajuan zaman. Makanya kami bersama pepadu pepadu di desa Pandan Indah, sepakat menghidupkan ketangkasan mainkan tali rotan dan tameng dengan cara adu ketangkasan, apalagi Masrun Habib memberikan dukungan,” bebernya.

Mengadu ketangkasan lanjut dosen salah satu perguruan tinggi di NTB, dipusatkan di Dusun Sukalalem Desa Pandan Indah. “Kita ngadakan dikampung ujung barat selatan perbatasan dengan desa mangkung,'” paparnya

Sementara itu H. Arifin salah seorang pekembar mengaku bersyukur atas suport yang diberikan Masrun Habib. Dengan suport yang diberikan, Pihaknya selaku pekembar merasa keluarga besar pecinta peresean diperhatikan. “Alhamdulillah cuman Paslon ini yang saya nilai memiliki kepedulian atas keberlangsungan budaya peresean yang mulai mengikis,” katanya.

Selanjutnya layaknya sesama pekembar peresean, dalam lomba peresean ini semua pekembar baik pekembar dari dalam daerah maupun luar daerah, semuanya kita undang dan rata rata mereka mengirimkan para pepadunya. “Pada intinya kegiatan ini dalam rangka menjalin silaturrahmi antar pepadu,” ucapnya.

Sementara itu calon Bupati Loteng H. Masrun mengaku budaya harus dipertahankan, jangan sampai pudar termakan kemajuan zaman. Apa yang dilakukan oleh pemuda Desa Pandan Indah, dalam mempertahankan budaya peresean, pihaknya menyambut baik. “Saya berikan apresiasi yang tinggi kepada para pemuda kita di Desa Pandan Indah, yang memiliki kepedulian dalam menjaga dan mempertahankan budaya peresean ditengah kemajuan zaman,” katanya.

Mempertahankan peninggalan nenek moyang, itu bagian dari keharusan yang harus dilakukan, termasuk apa yang dilakukan oleh kelompok pemuda di Desa Pandan Indah Kecamatan Praya Barat Daya Loteng. Apa yang dilakukan oleh pemuda ini, patut di untuk di suport dan bisa ditiru oleh pemuda lainnya.

“Jika nantinya saya bersama Habib dipercaya Diberikan amanah sebagai kepala daerah, insyaallah budaya peninggalan leluhur harus dipertahankan, Lebihnya lagi ditengah kemajuan zaman saat ini,” tutupnya. (ap-LM)