Tak Punya Mobil, LHKPN KPK Sebut Nursiah Hanya Miliki Sepeda Motor Honda

0
Ketua MES Lombok Tengah yang juga Calon Wakil Bupati dari paket Maiq Meres, Dr. H. M. Nursiah (Foto: Dok. LM)

Lensamandalika.com – Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota serta Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh, tanda terima atas penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) merupakan salah satu persyaratan dalam pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota.

Berdasarkan pengumuman LHKPN yang diterbitkan langsung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI), salah satu calon Wakil Bupati Lombok Tengah dari paket Maiq – Meres yakni Dr. H.M. Nursiah juga telah melaporkan harta kekayaannya dengan tanggal penyampaian pada tanggal 31 Maret 2020.

Baca Juga: KPK Bongkar Harta Cakada Lombok Tengah: Masrun Terkaya, Aswatare Termiskin

Berdasarkan LHKPN KPK RI diketahui bahwa jumlah kekayaan mantan sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Lombok Tengah itu berjumlah Rp. 1.717.169.768. Angka ini termasuk hutang yang dimiliki Dr.Nursiah dengan total Rp. 470.000.000 sehingga angka bersih kekayaannya yakni Rp. 1.247.169.768.

Pada lembar LHKPN tersebut juga diuaraikan data harta milik Dr. Nursiah yang sebagian besar berupa tanah dengan nilai Rp. 1.520.0000.000.

Baca Juga: Nyabup Lagi, Najmul Akhyar Resmi Cuti dan Lepas Fasilitas Negara

Menariknya, dari lembar LHKPN miliknya itu, Dr. Nursiah tidak memiliki kendaraan pribadi jenis roda empat. Berbeda dengan pesaingnya yang lain, dari lembar LHKPN itu, calon wakil bupati yang bersanding dengan Lalu Pathul Bahri itu hanya diketahui memiliki kendaraan berupa satu unit sepeda motor saja.

“MOTOR, HONDA SPM SOLO Tahun 2014, HASIL SENDIRI Rp.7.500.000,” tertulis di LHKPN KPK pada poin B tentang alat transportasi dan mesin.

Sementara itu, kandidat calon wakil bupati yang lain semuanya memiliki kendaraan roda empat seperti H. Sumum, calon wakil bupati yang berpasangan dengan Lale Prayatni di nomor urut 1 diketahui memiliki satu unit toyota avanza keluaran 2010. Lalu Aswatare yang berpasangan dengan Habib Ziadi di nomor urut 2 memiliki 1 unit Daihatsu Ayla keluaran 2013.

Selanjutnya, Habib Ziadi yang merupakan calon wakil bupati yang berpasangan dengan H Masrun di nomor urut 3 diketahui memiliki 1 unit Toyota Vellfire keluaran 2017. Sementara satu calon wakil bupati lainnya dari nomor urut 5 yakni H Dahrum yang berpasangan dengan H Lalu Saswadi, redaksi lensamandalika.com hanya mendapatkan total kekayaannya yakni berjumlah 1.485.000.000. (red/LM)