Alami Kerusakan Mesin, Lion Air JT 177 Tujuan Surabaya Putar Balik Ke BIL

0
Pesawat Maskapai Penerbangan Lion Air (Foto: Dok. Liongroup)

Lensamandalika.com – Sebuah pesawat terbang milik maskapai Lion Air jenis pesawat B 737-900ER, No. Reg. PK- LG, nomor penerbangan JT 177 dengan rute perjalanan Lombok (Lop) – Surabaya (Sub) mengalami kerusakan mesin sesaat setelah mengudara dari Bandara Lombok International Airport (LIA), Selasa (29/9) sore kemarin.

Pilot akhirnya memutuskan untuk return to base (RTB) putar balik kembali ke bandara di mana pesawat itu berangkat.

Pesawat yang membawa 114 penumpang itu take off di BIL tepat pukul 16.48. Pada pukul 17.00 WITA, Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Lombok menerima informasi bahwa pesawat tersebut akan melakukan RTB karena mengalami kerusakan mesin nomor 2 sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan ke daerah tujuan.

Berdasarkan rilis yang diterima oleh redaksi Lensamandalika.com, pesawat tersebut mulai diketahui mengalami gejala mesin mati sekira pukul 16.55 WITa dan pilot langsung melaporkan ke petugas di BIL untuk melakukan putar balik.

Petugas ARFF dan Airport Security yang mendapatkan informasi lanjutan bahwa pesawat tersebut RTB kemudian siaga dua dan sekira pukul 17.12 WITa, pesawat Lion Air JT 177 akhirnya bisa mendarat dengan Aman di BIL menempati parking stand nomor 12 dan dinyatakan membutuhkan maintenance.

Setelah pesawat mendarat dengan sempurna, Penumpang sejumlah 114 orang diarahkan ke Ruang Tunggu Domestik. Sembari menunggu penerbangan pengganti, penumpang diinapkan di hotel D-MAX Praya .

Dari keseluruhan penumpang, pihak maskapai menerima 20 permintaan refund ticket sedangkan 96 lainnya tetap akan terbang ke daerah tujuannya dengan pesawat lion air pada pagi ini (30/9) sekitar pukul 08.10. (red/LM)