Resmi Dilantik, DPC MASATA Lombok Tengah Siap Sinergi Untuk Pariwisata

0
Ketua DPC Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Sandika Irwan (Foto: Dok.LM)

Lensamandalika.com – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Kabupaten Lombok Tengah menjadi bagian dalam acara pelantikan 43 DPD/DPC MASATA se-Indonesia masa bakti 2020-2025 oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) MASATA yang dilakukan secara online (daring) melalui aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (3/10/2020).

Ketua DPC MASATA Lombok Tengah, Lalu Sandika Irwan berharap dengan adanya kepengurusan MASATA bisa terjalin sinergitas dan kolaborasi semua elemen masyarakat wisata di Lombok Tengah secara khusus dan NTB secara umum demi memajukan setiap sudut destinasi di Lombok dan Sumbawa agar semakin mendunia.

Menurut Mahasiswa Pasca Sarjana Politeknik Pariwisata Bali itu, Lombok sebagai emerging destination masih perlu beberapa hal lagi untuk disiapkan, utamanya dalam rangka menyambut limpahan Wisatawan pasca pandemi dan menyambut gelaran motoGP 2021 di Mandalika.

“Sebelum kesana ya kita harus siapkan diri, utamanya masyarakat kita yang berada di kawasan Mandalika untuk terus saling memupuk sense of belonging. Agar destinasi kita tetap ramah, bersih dan asri,” ungkapnya.

Mantan General Manager Tunak Cottage and Restaurant itu juga mengatakan bahwa Citra Destinasi dan pengalaman berkunjung yang baik bisa memicu wisatawan untuk kembali berkunjung. Hal itulah yang pihaknya bersama DPP dan 43 DPD/DPC MASATA ingin wujudkan demi terciptanya pariwisata Indonesia yang berkualitas di mata dunia.

“Apa yang dibawa pulang wisatawan kan EXPERIENCE lalu terlahir kesan dan citra destinasi. Baik kita sambut mereka tentu mereka juga akan berniat kembali dan membantu merekomendasikan destinasi atau desa wisata yang kita miliki di NTB khususnya di Lombok Tengah,” katanya.

Sementara itu, dikutip dari keterangan resmi yang diterima oleh redaksi Lensamandalika.com, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) MASATA Panca Rudolf Sarungu mengatakan bahwa lahirnya Masata didorong oleh tanggung jawab terhadap masa depan pariwisata di Indonesia.

Menurutnya, MASATA ingin berpartisipasi dalam membantu Pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata kelas dunia didukung atraksi yang menarik, aksesibilitas yang mudah, dan amenitas yang berkualitas.

Dilahirkan di destinasi utama pariwisata Indonesia, Denpasar (Bali) tanggal 4 April 2018, MASATA mendeklarasikan dirinya sebagai wadah kaum profesional pelaku, pemerhati, dan pecinta pariwisata yang memiliki kesamaan persepsi mendukung pariwisata berkelanjutan.

Panca menegaskan bahwa MASATA ingin berkontribusi agar pariwisata bisa menyumbang devisa terbesar, memajukan pariwisata berbasis masyarakat di daerah tujuan wisata tingkat provinsi, kabupaten, dan kota; serta membangun desa, kawasan, dan destinasi wisata.

“Karena itu, MASATA ingin berkiprah untuk menyambung kepentingan Kementerian/lembaga di pusat dengan pemerintah daerah di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif; serta membangun sinergitas dan kolaborasi antar asosiasi/organisasi/perkumpulan pariwisata di pusat dan daerah,” jelas Panca.

Dikutip dari Lampiran SK DPP MASATA Nomor: 204/SKEP/DPP/EKS/X/2020,
Struktur Dewan Pengurus Cabang (DPC MASATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH) Periode 2020-2025 adalah sebagai berikut:

  • Dewan Pembina : H. Lalu Syahrial Akhmadi, SH, H. Lalu Putria, S.Pd M.Pd
  • Ketua Cabang : Lalu Sandika Irwan, S.Pd
  • Wakil Ketua Cabang : H. Habiburrahman
  • Sekretaris Cabang : Yulia Prayanti, ST
  • Bendahara Cabang : Rata Wijaya
  • Kepala Bidang Usaha dan Dana : Lale Suzana Yasmin
  • Kepala Bidang Pemberdayaan Komunitas Pariwisata dan UMKM: Herman, S.E.I
  • Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan. : Niala Yunita
  • Kepala Bidang Penguatan Hukum dan HAM : Junaidi
  • Kepala Bidang Media Informasi dan Hubungan Masyarakat : Lalu Hadinata
  • Kepala Bidang Pelestarian Budaya dan Pariwisata Berkelanjutan : Tantowi Surahman
  • Kepala Bidang Kebersihan, Kesehatan, dan Keselamatan (CHS) : Sufrianto, S. Kep., NERS

(red/LM)