Bangga! Lima IKM NTB Dapatkan Izin Edar Resmi BPPOM

0

Lensamandalika.com – IKM NTB memang luar biasa. Mendapatkan Nomor Izin Edar (NIE) untuk produk olahan pangan dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (POM) bukan hal yang mudah, namun 5 IKM NTB memberi bukti bahwa NIE bisa didapatkan dengan kerja keras dan pantang menyerah.

Kelima IKM NTB tersebut adalah: PT. Narmada Awet Muda, CV. Santri Ishlah, CV. Putra Remaja, UD. Sende Maju, dan UD. Permata Hati.

Pemberian NIE menunjukkan bahwa kelima IKM tersebut telah melalui proses produksi yang higienis dan memenuhi standar kesehatan dan aman untuk dikonsumsi.

Untuk mengapresiasi IKM tersebut, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti, SE., ME menghadiri langsung penyerahan NIE dari Balai Besar POM di Mataram kepada 5 IKM NTB, Senin, (19/10) di Mataram.

Dalam kesempatan itu, Nuryanti menyampaikan pentingnya ijin edar dari BPPOM sebagai pendongkrak daya saing produk dari IKM yang ada di NTB.

“Keberadaan ijin edar dari BPPOM sangat penting bagi sebuah IKM. Dengan adanya ijin edar tersebut, masyarakat akan lebih yakin untuk membeli dan mengonsumsi produk-produk tersebut,” jelas Nuryanti.

Pihaknya juga sangat mendorong agar IKM NTB bisa mengurus ijin edar produk mereka karena akan langsung di fasilitasi oleh Dinas Perindustrian NTB untuk pengurusan sertifikat Halal, merek, desain, SNI, dan HaKI.

Pemberian NIE dari Balai POM ini adalah stategi meningkatkan daya saing produk olahan pangan IKM NTB. Peningkatan daya saing ini diinisiasi oleh Balai POM selaku mitra Disperin NTB.

“Sebagai mitra yang baik, saling mendukung dan memberikan support aktifitas dalam mendorong tumbuh kembang IKM NTB adalah tujuan bersama. Tujuan besar menuju NTB Gemilang” pungkas Nuryanti. (Red/LM)