Lensamandalika.com – Blangko KTP Elektronik atau E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) kosong. Hal tersebut mengakibatkan warga belum bisa mendapatkan E-KTP yang sudah tercetak.

“Blangko KTP sedang kosong saat ini, kita lagi menunggu pengadaan blangko 2023 dari pusat,” kata Kepala Dinas Dukcapil, Anita Nindiana membenarkan hal tersebut, Rabu (14/12/2022) kemarin.

Dijelaskannya, untuk mendapatkan ketersediaan blangko dari pemerintah pusat, pihaknya harus mengajukan sesuai dengan kebutuhan.

“Menurut temen-temen pusat akan tersedia tanggal 5 Januari. Kita juga harus datang jemput bola ke pusat untuk mendapatkan blangko,” ujarnya.

Pada tahun 2022 Dukcapil bisa menghabiskan ribuan blangko karena permintaan dari masyarakat, dan pihaknya juga melayani pembuatan KTP untuk Warga Negara Asing (WNA).

“Perbulannya kita bisa habiskan ribuan blangko e-KTP. Penduduk yang sudah wajib KTP saja saat ini mencapai 730 ribu lebih,” imbuhnya.

Dikatakan, tahun depan pihaknya membutuhkan blangko di Loteng meningkat karena ada sekitar 15 desa pemekaran yang membutuhkan KTP baru.

“Sekarang ini Dukcapil Lombok Tengah banyak membutuhkan stok blangko e-KTP karena 15 Desa pemekaran,” ungkapnya. Anita menambahkan, saat ini masyarakat loteng belum bisa membuat KTP karena blanko e-KTP masih kosong.

“Solusinya, kami mengeluarkan surat keterangan dulu untuk sementara, untuk pengganti,” pungkasnya. (red/lm)