lensamandalika.com – Nahdlatul Wathan (NW) merupakan organisasi yang didirikan oleh Pahlawan Nasional Maulana Syaikh TGKH Zainuddin Abdul Madjid. Dalam perkembangan politik belakangan ini, NW dikenal memiliki basis massa yang organik dan mengakar luas di Masyarakat NTB.

Pada kontestasi Politik 2024 mendatang, setidaknya terdapat 5 Cucu dan 1 cicit dari Maulana Syaikh yang ikut berpartisipasi mendaftar sebagai calon anggota DPR/DPD RI ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB dari partai yang berbeda-beda.

Jaringan ormas Nahdlatul Wathan (NW) akan menjadi mesin utama penopang pemenangan. Disamping itu, dilapisi dengan gerilya sampai ke anggota NW sampai dusun-dusun di seluruh NTB.

Nama-nama itu diantaranya adalah anak-anak dari putri pertama Maulana Syeikh, Hj. Sitti Rauhun. Terdapat nama Syamsul Luthfi, MM yang mencalonkan diri kembali dari Partai Nasdem. Saat ini Syamsul Lutfi merupakan anggota DPR RI Fraksi Nasdem Dapil II NTB yakni Pulau Lombok.

Selanjutnya ada Dr. KH. Muhammad Zainul Majdi, MA atau yang lebih dikenal dengan TGB yang mencalonkan diri di DPR RI dari Perindo. Mantan Gubernur NTB dua Periode itu merupakan Ketua Harian Partai Perindo yang didirikan oleh pemilik raksasa media Haritanoe Soedibjo.

Mengikuti sang ayah, putra TGB dari istri pertamannya, yaitu Muhammad Rifki Farabi juga mencalonkan diri untuk duduk di Senayan sebagai anggota DPD RI. Adapun alasannya ikut dalam kontestasi senator DPD dapil NTB ini yaitu karena ingin mengikuti jejak ayahnya.

Setelah itu, nama selanjutnya adalah anak-anak dari Putri kedua Maulana Syeikh, Hj. Sitti Raihanun, ada nama TGH. L. Gede Muhammad Ali Wiresakti Amir Murni yang mencalonkan diri menjadi DPD RI. Sebelumnya Lalu Gede Sakti pernah menjadi anggota DPRD NTB.

Terdapat juga nama Hj. Lale Syifa’unnufus, M.Farm yang mencalonkan diri untuk DPR RI dari partai Gerindra Dapil Lombok, ini merupakan kali pertama Lale Syifa ikut kontestasi nasional dan mendapatkan nomor urut 1 di Partai Gerindra.

Terakhir ada nama Lalu. Gede. Syamsul Mujahidin, yang mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) dapil Lombok. Diketahui, Gede Syamsul sapaan akrabnya, pernah menjadi anggota DPR RI pada tahun 2014-2019 dari partai Hanura. (red/Respa)