Lensamandalika.com – Perusahaan biro perjalanan daring asal Amerika Serikat, Tripadvisor kembali merilis destinasi wisata favorit pilihan wisatawan tahun 2024.

Mengutip laman Tripadvisor, Penghargaan Travellers’ Choice adalah destinasi yang hotel, restoran, dan aktivitasnya menerima ulasan dan opini luar biasa dalam jumlah besar dari komunitas Tripadvisor selama periode 12 bulan.

“Kurang dari 1% dari 8 juta listingan Tripadvisor mendapatkan penghargaan Terbaik dari yang Terbaik, yang menandakan tingkat keunggulan tertinggi dalam bidang perjalanan,” tulis Tripadvisor pada keterangan di website resminya.

Penghargaan Traveller’s Choice terbagi menjadi beberapa kategori diantaranya, Top Destination, Trending Destination, Food Destination, Nature Destination dan beberapa kategori lainnya.

Hal menarik pada rilis Tripadvisor adalah keberadaan Pulau Lombok sebagai satu-satunya destinasi wisata di Indonesia yang masuk dalam sepuluh besar bahkan lima besar destinasi alam pilihan wisatawan.

“Selamat kepada seluruh pemenang tahun 2024 dan terima kasih sebesar-besarnya kepada para traveller yang telah mewujudkannya. Baik Anda mendaki melalui taman nasional atau menyaksikan matahari terbenam di pantai, ini adalah tempat favorit wisatawan untuk melepaskan diri dari alam,” tulis Tripadvisor.

Adapun 10 Destinasi alam terbaik dunia tahun 2024 pilihan wisatawan adalah sebagai berikut:

  1. KATHMANDU, NEPAL
    Ibu kota Nepal dikelilingi oleh lembah yang penuh dengan situs bersejarah, kuil kuno, tempat suci, dan desa-desa yang menakjubkan. Berbaurlah dengan penduduk lokal dan hewan di tengah monumen Durbar Square, atau bergabunglah dengan pendaki gunung di Distrik Thamel yang ramai. Jelajahi toko-toko untuk melihat karya indah dari pengrajin lokal—karpet dan cetakan kertas adalah spesialisasinya.
  2. HALONG BAY, VIETNAM
    Wisatawan mengunjungi Teluk Halong untuk melihat dari dekat pulau-pulau kapur, formasi batuan, dan gua yang menakjubkan. Terkikis selama berabad-abad oleh angin dan air, tempat ini sungguh menakjubkan. Sewa kayak atau perahu rongsokan, atau ikuti tur untuk menjelajah.
  3. HURGHADA
    Terumbu karang yang menakjubkan dan perairan biru kehijauan yang sempurna untuk selancar angin telah menjadikan Hurghada, di Pesisir Laut Merah Mesir, menjadi kota resor yang sibuk. Mudah dijangkau dari Kepulauan Giftun yang menakjubkan dan Gurun Arab Timur, Hurghada telah menyaksikan sejumlah besar pembangunan dalam satu dekade terakhir—dan ya, kadang-kadang kota ini tampak dipenuhi wisatawan. Namun pantai ini relatif mudah untuk dikunjungi bagi orang Eropa, dan beberapa lokasi menyelam dan snorkeling terbaik di dunia terletak di lepas pantai. Berjalan kaki atau naik taksi untuk menjelajahi kawasan tua, El Dahar.
  4. MAURITIUS
    Mauritius bisa dibilang merupakan tujuan wisata terkaya di Afrika, surga tropis dengan banyak hal untuk dilakukan. Port Louis, ibu kota modern pulau berukuran 38 kali 29 mil ini, adalah pelabuhan yang ramai dengan tepi laut yang telah direvitalisasi dan pasar yang sibuk. Namun sebagian besar pengunjung tertarik pada kawasan resor seperti Mont Choisy, Trou-aux-Biches yang tenang, dan Flic en Flac yang lebih ramai, yang populer di kalangan penyelam scuba. Rivière Noire sangat ideal bagi mereka yang mencari pengalaman memancing di laut dalam.
  5. LOMBOK, INDONESIA
    Jika terletak di tempat lain di dunia, Lombok pasti masuk dalam daftar keinginan semua orang. Namun karena letaknya di sebelah timur Bali, hanya sedikit orang yang pernah mendengar tentang teluk-teluk kecilnya yang terpencil, deretan pantai berwarna krem ​​yang tak ada habisnya, dan air terjun yang menerobos dedaunan yang sangat subur. Tidak masalah bagi kami, karena itu berarti tempat ini juga tidak terlalu ramai. Anda bisa melihat kera liar di pepohonan Baun Pusak atau berenang bersama penyu hijau dan penyu sisik di sekitar Gili Meno tanpa merasa ada antrean di belakang Anda. Pulau di Indonesia ini memiliki titik tertinggi yang tidak dapat ditandingi oleh Bali: Gunung Rinjani, gunung berapi aktif dengan danau besar di dalam kalderanya. Pendakian di pagi hari memungkinkan Anda menyaksikan matahari terbit di atas laut.
  6. KAUAI, AMERIKA SERIKAT
    Kauai (Pulau Taman) yang menenangkan dan asri adalah pulau Hawaii yang paling sedikit dikembangkan secara komersial. Air terjun, jalur berkendara yang indah, dan lebih dari 60 pantai memenuhi lanskap ini. Beberapa pantai memiliki lokasi snorkeling yang bagus, pantai lainnya menawarkan kolam pasang surut yang ramah anak, dan beberapa pantai lainnya sempurna untuk semua jenis olahraga air. Kegiatan di lahan kering termasuk mendaki Jalur Kalalau di garis pantai Na Pali, melakukan perjalanan sehari ke Waimea Canyon, dan merasakan kehidupan di perkebunan tebu di Grove Farm Homestead Museum.
  7. ZANZIBAR ISLAND, ZANZIBAR
    Kepulauan Zanzibar, terletak di Samudera Hindia, 15 mil lepas pantai Tanzania, adalah tempat yang menakjubkan untuk melepaskan diri dari dunia. Anda akan menikmati air jernih berwarna biru kehijauan; gundukan pasir dangkal yang cocok untuk mengarungi; dan banyak pulau kecil yang hampir sepi dan belum pernah dikunjungi wisatawan. Jelajahi Situs Warisan Dunia Stone Town, kawasan tua Kota Zanzibar. Atau sekadar pergi dari pantai ke pantai di antara desa-desa nelayan kecil—masing-masing desa lebih baik dari desa lainnya.

Destinasi lainnya yang masuk dalam Destinasi Alam Terbaik Dunia Pilihan Wisatawan versi Tripadvisor bisa disimak dibawah ini:

(red/lm)