Lensamandalika.com – Sangkep warige penentuan hari pelaksanaan Bau Nyale tahun 2024 akhirnya menemukan keputusan akhirnya. Sidang yang diinisiasi oleh pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, dalam hal ini Dinas Pariwisata dihadiri oleh pemuka adat Sasak dari 8 penjuru mata angin.

Pelaksanaan Sangkep Warige ini dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Januari 2024 bertempat di Kampung Sasak Ende, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Sangkep ini terbagi menjadi dua sesi yakni Sangkep Madye dan Sangkep utame untuk mengumumkan kepada khalayak mengenai waktu pelaksanaan Bau Nyale.

Sebelum dilaksanakan sangkep warige, pembicaraan mengenai pelaksanaan hari H Bau Nyale dibicarakan pada Sangkep pendahulu yaitu Sangkep Madye untuk menghimpun pendapat dari para pemuka adat paer Pujut yang tersebar di berbagai wilayah di Lombok Tengah, bukan hanya di Daerah Kecamatan Pujut saja, bahkan ada yang sampai ke Lombok Timur.

Para pemuka adat yang hadir sempat melakukan pembicaraan yang cukup alot mengenai penetapan tanggal Bau Nyale dengan memperhatikan kecocokan antara penanggalan Sasak, penanggalan Hijriah, dan penanggalan Masehi yang bertepatan dengan janji Mandalika yang meminta untuk dicari oleh para pangeran pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak.

“Bulan 10 dihitung dari kembalinya bintang rowot kepada matlaq tetapnya, hal tersebut membuktikan bahwa Orang sasak memiliki khazanah ilmu pengetahuan ilmu astronomi tradisi,” ungkap Pembina Rowot Rontal, H Lalu Agus Pathurrahman selaku pimpinan Sangkep Utame yang menjadi rangkaian Sangkep Warige.

“Diputuskanlah tanggal bau nyale yaitu tanggal 20 bulan 10 adalah tanggal 20 bulan roah atau dalam istilahnya adalah Bulan Sya’ban 1445 H, tepatnya pada tanggal 29 Februari, masuk tanggal 1 Maret tahun 2024,” imbuhnya

Dikatakan H L Agus Pathurrahman, bahwa tanggal tersebut adalah keputusan bulat yang dihasilkan dari Sangkep Madye yang diumumkan pada Sangkep Warige.

Setelah keismpulan tersebut diambil, dilanjutkan dengan pembacaan berita acara yang disaksikan langsung oleh seluruh tamu undangan yang dilanjutkan dengan penyerahan berita acara tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah.

Adapun rangkaian event Bau Nyale pada tahun 2024 ini adalah pemilihan Putri Mandalika, Presean, Pepaosan hingga peringatan malam puncak Bau Nyalem lebih lengkapnya bisa dilihat pada laman resmi pariwisata Lombok Tengah, www.gomandalika.com.