Lensamandalika.com – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkini terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024.

Survei yang dilaksanakan pada 26 Juni hingga 3 Juli 2024 ini menunjukkan dominasi pasangan calon Sitti Rohmi Djalilah dan W. Musyafirin, yang unggul jauh dibandingkan pesaingnya.

Kepada media melalui keterangab tertulisnya, Sabtu (27/7/2024), juru bicara (jubir) Rohmi-Firin mengatakan, pada simulasi yang melibatkan dua pasangan calon, hasil survei LSI menunjukkan Sitti Rohmi Djalilah – W. Musyafirin mendapatkan 39,6% sedangkan Lalu Muhammad Iqbal – Indah Dhamayanti Putri mendapatkan 16,6%.

“Pemilih yang belum menentukan pilihan (BM/TT/TJ) sebesar 43,8 persen,” jelas MSQ, sapaan akrabnya.

Dijelaskan MSQ, Pertanyaan utama survei adalah tersebut adalah Seandainya pemilihan langsung Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat dilaksanakan pada tahun 2024, dari dua pasangan nama berikut ini, siapakah calon Gubernur dan Wakilnya yang akan Bapak/Ibu pilih?

“Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan Sitti Rohmi Djalilah dan W. Musyafirin mendapatkan dukungan signifikan dari masyarakat NTB, dengan elektabilitas mencapai 39,6%,” tegasnya.

“Keunggulan ini menempatkan mereka lebih dari dua kali lipat di atas pasangan Lalu Muhammad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri, yang memperoleh 16,6% dukungan,” imbuhnya.

Dikatakan MSQ, LSI merupakan lembaga survei independen terkemuka yang berpengalaman dalam melakukan survei politik, sosial, dan ekonomi di Indonesia.

“LSI dikenal dengan metodologi ilmiah dan validasi data yang ketat, sehingga hasil surveinya selalu dipercaya sebagai informasi yang akurat dan objektif,” pungkasnya. (red/lm)