Sekda Lombok Tengah, DR.H. Nursiah menyampaikan Sambutannya pada pembukaan STQ Kecamatan Pujut (foto: Lensa Mandalika)

Lombok Tengah – Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXVI tingkat Kecamatan Pujut di Desa Teruwai pada Kamis malam (5/3/2020) berlangsung meriah.

Di awal acara, panitia menampilkan kelompok Marawis Gita Fanada dari Dusun Banten Desa Teruwai. Acara ini dihadiri langsung oleh Sekda Lombok Tengah, Camat Pujut, anggota Forkopinca Kecamatan Pujut, Kepala Desa se-Kecamatan Pujut, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, Karang Taruna Tunggal Kayun Desa Teruwai, serta Karang Taruna Kecamatan Pujut.

Masyarakat dari dalam dan luar Desa Teruwai tumpah ruah memenuhi halaman Kantor Desa demi turut memeriahkan acara tersebut.  Sempat terjadi kekeliruan karena adanya perubahan pada susunan acara yang  sudah ditetapkan sebelumnya. Kendati begitu, acara tetap  berjalan dengan meriah dan semarak.

Dalam sambutannya Lalu Sungkul, S.Pd selaku Camat Pujut mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua elemen yang terlibat dalam pelaksanaan acara STQ ini.

“Acara ini didukung oleh semua Desa dan masyarakat se-kecamatan Pujut. Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak terutama sekali kepada panitia, Karang Taruna Desa dan pemerintah Desa yang sudah sangat membantu dalam persiapan STQ ini,” kata Sungkul.

“Selama beberapa malam ke depan,  akan ada hiburan-hiburan seperti kasidah, dan marawis untuk memeriahkan STQ ini. Hal ini tidak terlepas dari kerja sama dan upaya dari Karang Taruna Kecamatan Pujut, lebih-lebih Karang Taruna Desa Teruwai.  Kami sangat bersyukur masih memiliki pemuda- pemuda yang peduli dan bisa bersinergi seperti anak-anakku sekalian,” Ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Lombok Tengah, Dr. H. Nursiah, S.Sos, M.Si turut hadir guna membuka secara resmi  Seleksi Tilawatil Qur’an tingkat kecamatan Pujut tahun 2020 ini. Dalam penyampaiannya, Sekda Lombok Tengah berharap STQ ini menjadi lahan untuk belajar, mengajar dan menciptakan generasi Qur’ani.

“Kita sepakat bahwa STQ maupun MTQ merupakan evaluasi pembelajaran Al-Qur’an bagi kita dan anak-anak kita, melihat kemajuan pariwisata, kemajuan teknologi, serta kemajuan kehidupan yang tidak ada batasnya. Penting dalam menghadapi tantangan hidup adalah bagaimana belajar, mengajar dan mengamalkan Al-Qur’an.” Papar Sekda Lombok Tengah tersebut.

Sekda Lombok Tengah juga berharap kafilah Kecamatan Pujut mampu menjadi yang terbaik pada STQ tingkat  Kabupaten yang akan diselenggarakan di Desa Mujur Kecamatan Praya Timur.

“Semoga acaranya lancar, aman, sukses dan tercapai cita-cita kecamatan Pujut ke tingkat yang lebih tinggi. Semoga kecamatan Pujut juara umum di STQ kabupaten satu minggu lagi,” jelasnya.

Ketua Karang Taruna Desa Teruwai, Suiman Julifri mengungkapkan bahwa apapun bentuk kegiatan yang sekiranya berdampak positif terhadap masyarakat dan pemuda khususnya, pihaknya siap mendukung dan membantu secara langsung, terlebih kali ini Desa Teruwai yang menjadi tuan rumah.  

Acara kemudian di tutup oleh doa dan penampilan marawis Gita Fanada. Tak hanya itu, STQ Kecamatan Pujut juga dibuka oleh penampilan tiga peserta cabang Tilawatil Qur’an Dewasa yang berlomba mengeluarkan suara emasnya. (SAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here