Lensamandalika.com – Pemilihan umum serentak untuk memilih Presiden-Wakil Presiden, dan anggota Legislatif dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga pusat telah selesai digelar.

Kini perhitungan suara masih terus dilakukan untuk mendapatkan anggota legislatif terpilih yang akan duduk sebagai wakil rakyat selama lima tahun kedepan.

Perhitungan juga masih terus dilakukan untuk perolehan suara Capres-Cawapres, meskipun versi hitung cepat, pasangan nomor urut dua Prabowo-Gibran telah mengklaim kemenangan.

Dalam pemilu legislatif tahun 2024 ini diprediksi akan banyak muncul wajah-wajah baru. Hal tersebut mengacu pada hasil perolehan sementara yang ditampilkan pada website Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia berdasarkan Publikasi Form Model C/D hasil penghitungan suara di TPS.

“Yang perlu saya sampaikan adalah Caleg yang berpotensi lolos sebagai anggota DPRD Loteng di Dapil III Pujut-Praya Timur. Saya rasa akan banyak wajah-wajah baru,” ungkap Ketua Blok Pujut, Rata Wijaya kepada Lensa Mandalika, Senin (19/2/2024).

Menurut Rate, sapaan akrabnya, prediksi anggota DPRD Lombok Tengah terpilih untuk periode 2024-2029 berdasarkan data perhitungan KPU yang saat ini data masuk per tanggal 19 Februari 2024 pukul 21.30 WITa mencapai 74,68%.

“Memang tidak baik terlalu cepat bereuforia mengklaim menang, tetapi ini prediksi sementara saja, bukan bersifat mutlak,” tegas Rate.

Menurut Rate, 9 kursi DPRD Lombok Tengah dapil III Pujut-Praya Timur kemungkinan besar diraih oleh sembilan partai yakni sebagai berikut:

1. Nasdem: Muhamat Saleh = 3.096

2. PKB: Tarip = 2.327

3. PPP: Drs. Jumali = 2.355

4. PKS: Mahrup = 3.355

5. Demokrat: Pauzan Pamungkas = 3.075

6. PBB: Muhamad Maulidi = 2.840

7. Gerindra: Lalu Ramdan S.Ag = 5.249

8. Hanura: Sugiarto = 3.599

9. Perindo: Lalu Hadimi = 2.611

“Dari nama-nama itu, setidaknya akan ada 6 wajah baru yang berpotensi duduk di Kantor Jontlak sebagai anggota DPRD Lombok Tengah dapil Pujut-Praya Timur,” beber Rate.

Wajah-wajah baru tersebut kata Rate, yang pertama adalah Muhamat Saleh dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Saleh kemungkinan berhasil menumbangkan petahana, yaitu Lalu Wirakse yang merupakan mantan camat Pujut.

“Yang kedua dari PPP yakni Drs. Jumali. Doi adalah suksesor dari Lalu Sunting Mentas yang saat ini maju di Dapil NTB 8 untuk DPRD Provinsi,” terang Rate.

“Selanjutnya yang ketiga ada nama pendatang baru di Partai Demokrat, yaitu Pauzan Pamungkas yang perolehan suaranya masih sedikit berada diatas Ketua DPC Demokrat Lombok Tengah yang juga petahana yakni Adi Bagus Karya Putra,” imbuh Rate.

Sedangkan yang keempat, menurut Sekjen Mandalika Hotel Association (MHA) itu, ada nama Muhammad Maulidi dari Partai Bulan Bintang yang berpotensi menggantikan posisi Legewarman yang saat ini nyaleg di Dapil VIII Provinsi NTB.

“Dua wajah baru baru terakhir ada Sugiarto dari Partai Hanura yang kemungkinan berhasil menggusur petahana sekaligus Ketua DPC Hanura Lombok Tengah, Lalu Firmansyah,” jelasnya.

“Terakhir ada nama baru dari Partai baru, yaitu Lalu Hadimi dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Namun semuanya bisa berubah mengingat saat ini belum 100% suara masuk. Jadi jangan terlalu cepat jumawa, apalagi bersedih,” pungkasnya. (red/lm)