Lensamandalika.com – Berbagai cara memeriahkan dan menghidupkan malam-malam Ramadhan, mulai dari ibadah qiyamul lail, tadarus al-quran, menghadiri halaqoh pengajian dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Front Pemuda Prabu (FPP) dan Forum Mahasiswa Prabu mengadakan kegiatan lomba islami yang dikemas dalam program Gebyar Ramadhan 1445 H yang bertema Ramadhan sebagai perekat ukhuwah, membangun generasi muda Prabu yang berakhlakul karimah.

Kegiatan gebyar Ramadan tersebut berlangsung dari tanggal 26 Maret 2024 hingga 4 April 2024 yang sekaligus diakhirI dengan pengajian Nuzulul Quran bertempat di Masjid Nurul Iman, Dusun Uluan Desa Prabu Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah.

Adapun mata lomba yang dilaksanakan mulai dari tingkatan TK/PAUD sampai tingkat Dewasa, seperti Fashion Show Islami, Tartil Quran, Tahfidz ayat-ayat pendek, Tilawatil quran, lomba cerdas cermat dan pidato 3 bahasa yaitu bahasa Sasak, Inggris dan Indonesia.

Adapun Peserta lomba berasal dari utusan 10 dusun se-Desa Prabu dengan total peserta lebih dari 120 orang.

Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri yang hadir pada malam penutupan kegiatan gebyar ramadhan menyampaikan apresiasi kepada generasi muda Prabu yang mau bersusah payah, menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif.

“Apresiasi kepada adik-adik generasi muda Prabu yang sudah membuat kegiatan semacam ini, sebagai upaya merawat generasi agar tetap produktif melalui kegiatan lomba-lomba,” katanya.

Kehadiran Bupati Lombok Tengah disambut antusiasme masyarakat dan berbagai tokoh yang hadir.

Kepala Dusun Uluan, H Suhaili Adnan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas kehadiran dan kesediaan Bupati Lombok Tengah di dusunnya.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa Prabu, Lalu Guntur Wiraksaputra pada sambutannya mengajak masyarakat mendukung program pemerintah yang sudah luar biasa di Lombok Tengah.

Salah satu terobosan yang dinilainya luar biasa adalah pemberian motor dinas bagi para kadus, insentif bagi para bilal marbot dan program beasiswa yatim penghafal quran.

Di sesi kegiatan penutup, Ketua Front Pemuda Prabu, Lalu Sandika Irwan dan Ketua panitia acara Syukronhadi Putra menyampaikan kebahagiaannya karena acara lomba dan Nuzulul quran berjalan lancar sejak awal hingga akhir.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar berkat dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat Dusun Uluan, Terima kasih juga Miq Tuan Bupati sudah berkenan hadir menutup acara,” ungkapnya penuh syukur. (red/lm)