Lensamandalika.com – Sebuah kejadian tidak terpuji dilakukan oleh orang tak dikenal di Masjid Jami’ At-Taqwa Desa Kawo, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Orang tak dikenal itu membobol kotak amal di masjid tersebut pada Selasa (23/4/2024) dini hari. Ratusan ribu uang di kotak amal tersebut berhasil dibawa kabur oleh terduga pelaku.

Diungkapkan Saipul Bahri, salah satu pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) At-Taqwa Kawo yang kebetulan rumahnya berada di depan masjid, kejadian tersebut merupakan kali pertama. Dijelaskannya, terduga pelaku dilihat oleh tetangganya yang akan mengambil air wudhu.

“Tetangga yang lihat ketika hendak wudhu mau sholat. Dia langsung teriak maling dan pelaku langsung kabur ke arah selatan menggunakan sepeda motor,” jelas Ipul, sapaan akrabnya. kepada Lensa Mandalika.

Dikatakannya, uang yang berhasil diambil oleh terduga pelaku merupakan akumulasi hasil amal selama empat hari sejak hari Sabtu.

“Kami kan rekapnya sekali seminggu setiap Jumat. ada sekitar 700 sampai 800 ribu,” bebernya.

“Kami buka setiap Kamis sore, direkap, kemudian dilaporkan kepada jemaah sebelum pelaksanaan shalat jumat,” terangnya.

Dirinya mengaku tak habis pikir, bisa-bisanya orang tak dikenal tersebut menargetkan kotak amal masjid untuk dicuri.

Melihat video cctv, terduga pelaku mengenakan baju sweater warna hitam dan celana jeans seperempat. Terduga pelaku juga mengendarai sepeda motor jenis Honda Revo dengan list berwarna biru.

Dirinya berharap kejadian tersebut menjadi yang pertama dan terakhir di Masjid At-Taqwa Kawo.

“Semoga tidak ada masjid-masjid lain yang juga kebobolan diambil isi kotak amalnya,” pungkasnya. (Red/lm)