Tinggal Lombok Timur Belum Laksanakan SKB CPNS, Daerah Lain di NTB Telah Selesai

0
Ilustrasi Tes CPNS

Lensamandalika.com – Pemprov NTB dan delapan Pemda Kabupaten/Kota telah selesai melaksanakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019, hingga Jumat (25/9), hari ini. Tinggal dua kabupaten yakni Sumbawa dan Lombok Timur yang akan melaksanakan SKB CPNS 2019.

Pelaksanaan SKB CPNS 2019 di NTB akan berakhir pada 7 Oktober mendatang. Setelah itu, Panselnas rencananya akan mengumumkan hasil seleksi CPNS 2019 pada minggu ketiga dan keempat bulan Oktober mendatang.

Baca Juga: Nursiah Undur Diri, Suhaili Lantik Idham Khalid Jadi Pengganti

Kepala BKD NTB, Drs. Muhammad Nasir dikutip dari Suara NTB, Kamis, 24 September 2020 mengungkapkan bahwa pelaksanaan SKB di Sumbawa pada 24-26 September, dilanjutkan dengan kabupaten Lombok Timur tanggal 30 September sampai 7 Oktober. Sementara Kabupaten/Kota lainnya telah selesai dalam pelaksanaan SKB.

Dijelaskannya, jadwal pelaksanaan SKB di masing-masing Pemda di NTB dilaksanakan tidak serentak. Untuk Pemprov NTB, tes SKB dilaksanakan mulai 3 – 9 September. Kemudian Kota Mataram 19 – 23 September, Lombok Barat 6 – 9 September, Lombok Tengah 3 – 7 September. Selanjutnya,ombok Utara 2 – 6 September, Sumbawa Barat 3 – 4 September,  Bima 12 – 14 September dan Kota Bima 14 – 18 September dan Dompu 22 – 25 September. Sedangkan Lombok Timur, SKB mulai dilaksanakan 30 September – 7 Oktober dan Sumbawa 22 – 26 September.

Baca Juga: Nomor Urut Paslon Pilkada Serentak di Lombok Tengah Diundi, Berikut Hasilnya

Nasir mengatakan, Kepala Kanreg BKN IX Denpasar telah melakukan pemantauan ke Pulau Sumbawa beberapa hari lalu. Hasil pantauan yang dilakukan, pelaksanaan SKB berjalan aman dan lancar. Semua melaksanakan protokol Covid-19. Dan juga menyiapkan ambulans  di lokasi SKB.

Ditanya mengenai kapan akan dilakukan pengumuman hasil SKB, Ia menyatakan bahwa pengumuman akan dilakukan serentak seluruh Indonesia yakni minggu ketiga dan keempat Oktober setelah Panselnas selesai melakukan  tabulasi hasil SKD dan SKB.

Baca Juga: Komitmen Timses MANTHAB: Ciptakan Pilkada Damai dan Patuh Protokol Cegah Corona

Terdapat dua kriteria pelaksanaan SKB di Provinsi NTB yakni dengan dan tanpa wawancara. Untuk isntansi Pemprov NTB dan Pemda Kabupaten/Kota tidak ada tes wawancara, cukup dengan hasil SKB. Namun kata Nasir, ada instansi yang melakukan tes wawancara seperti Kemenag dan Kemenkumham yang ditambah juga dengan tes fisik. Nantinya, hasil SKB dan SKD akan diintegrasikan oleh Panselnas untuk menentukan peserta yang lulus menjadi PNS.

Diketahui,  jumlah peserta SKB CPNS di 11 Pemda di NTB sebanyak 6.983 orang. Di mana, 6.632 peserta melaksanakan tes di NTB dan sisanya 351 peserta melaksanakan SKB di luar daerah. (red/LM)